8 Rekomendasi Aplikasi Komputer untuk Anak SD

Berbicara mengenai aplikasi komputer, sudah hadir aplikasi yang bisa digunakan baik di perangkat HP atau smartphone, PC, Laptop, hingga komputer. Tak hanya menyasar remaja atau dewasa, tapi juga anak-anak. Kali ini akan dibahas aplikasi komputer untuk anak SD yang bisa menjadi pilihan untuk pembelajaran ataupun hiburan.

8 Rekomendasi Aplikasi Komputer untuk Anak SD Belajar dan Hiburan

Berikut dirangkumkan beberapa rekomendasi yang dapat dicoba:

1. TuxMath

Aplikasi pertama yang akan dibahas adalah aplikasi TuxMath. Melalui aplikasi ini, pengguna khususnya anak SD dapat mempelajari konsep matematika. TuxMath didesain secara khusus untuk menghadirkan sensasi belajar menyenangkan dan tidak membosankan. Aplikasi ini dapat diunduh di komputer secara gratis.

Sistem permainan di aplikasi TuxMath dirancang seperti game yang mengharuskan pengguna mencari jawaban dari soal matematika. Aplikasi ini dapat digunakan oleh anak SD dengan usia kira-kira 7 hingga 12 tahun. Semakin tinggi level atau tingkat yang dicapai maka soal yang diberikan pun semakin rumit. Anak akan diminta untuk berpikir kritis dan berusaha mencari solusinya.

Layaknya sebuah game yang ada pada umumnya, TuxMath memberikan misi-misi yang ditujukan kepada penggunanya. Dimana nantinya akan ada misi lanjutan yang lebih menantang sehingga pembelajaran menjadi lebih seru. Sebagai contoh, untuk menyelesaikan soal pecahan, diberikan dalam bentuk permainan menghancurkan asteroid untuk mencari penyebut yang sama.

2. Tux Paint

Selain menyediakan aplikasi belajar matematika, ada juga aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk belajar menggambar. Rasa-rasanya anak SD perlu dikenalkan dengan aplikasi ini agar bisa melakukan drawing secara digital. Aplikasi ini dapat digunakan oleh untuk mendorong kreativitas anak melalui pembelajaran yang menarik. Keunggulan Tux Paint adalah ukurannya yang relatif kecil sehingga tidak perlu banyak ruang kosong.

Tux Paint sengaja memberikan tampilan dengan gaya kartun agar anak lebih tertarik. Fitur-fitur yang tersedia pun seperti di dunia nyata, mulai dari kuas hingga pensil warna. Selain sebagai sara pengenalan komputer sejak dini, aplikasi ini menjadikan aktivitas belajar lebih menyenangkan. Sebagai informasi, aplikasi ini sudah tersedia dalam 4 versi sejak pertama kali dibuat.

3. Belajar Membaca Tingkat Dasar

Aplikasi komputer untuk anak SD yang kedua adalah aplikasi yang memiliki nama Belajar Membaca Tingkat Dasar. Seperti namanya, aplikasi ini termasuk aplikasi edukasi yang ditujukan kepada anak-anak usia TK hingga SD. Materi yang ditampilkan dalam aplikasi merupakan aplikasi dasar yang dapat dipergunakan sebagai sarana pembelajaran menyenangkan.

Saat membuka aplikasi akan ditunjukkan berbagai pilihan menu yang disajikan dalam bertingkat. Apabila anak sudah bisa melewati level dasar, akan berlanjut ke level selanjutnya. Teknik seperti ini layaknya bermain game, anak SD yang notabene suka bermain game diharapkan dapat menikmati aplikasi membaca ini.

Hadirnya aplikasi ini menjadi salah satu perubahan teknologi yang menuntut penggantian dari buku ke layanan digital. Bukan sampai disitu saja, anak SD juga dapat merasakan pembelajaran interaktif dengan berbagai fitur yang tersedia di aplikasi belajar membaca ini.

4. Step

Rekomendasi aplikasi komputer untuk anak SD selanjutnya adalah Step. Ya, aplikasi ini memiliki nama Step dengan konstruksi pembelajaran yang menyajikan simulasi eksperimen fisika. Dengan begitu, anak-anak dapat mengenal konsep fisika sejak dini dan mempelajarinya dalam metode yang lebih menarik.

Untuk mendapatkan aplikasi ini, pengguna dapat melakukan pengunduhan melalui layanan Ubuntu. Aplikasi Step dapat di-install di perangkat komputer secara gratis. Hadirnya aplikasi ini sebagai salah satu media software dalam dunia pendidikan yang merupakan transformasi teknologi.

5. Scratch

Setelah membahas mengenai aplikasi pembelajaran dalam membaca, menghitung, saatnya untuk beralih ke dunia pemrograman. Seperti diketahui di era sekarang, skill pemrograman sangat dibutuhkan untuk menjawab tuntutan teknologi yang ada. Untuk itu, cara pertama yang bisa dicoba adalah mengenalkan dunia pemrograman, salah satunya melalui aplikasi Scratch.

Aplikasi yang dibesut oleh MIT Media Lab ini menjadi salah satu pilihan untuk mengenalkan dunia pemrograman kepada anak. Nantinya anak akan mampu mengolah konsep berpikir secara logika dengan berbagai fitur yang tersedia. Diantaranya ada script, variabel, dan perintah yang dapat dieksplorasi sesuai keinginan anak.

Aplikasi Scratch dapat digunakan untuk anak usia 8 – 16 tahun sehingga memiliki tingkatan atau level yang meningkat setiap permainannya. Dapat dikatakan pula bahwa aplikasi ini double combo dalam artian diperuntukkan untuk siswa SD ataupun SMP. Pembelajaran pemrograman yang mengasyikkan dapat dirasakan oleh penggunanya.

Bukan hanya menyasar kepada anak, para orang tua pun dapat menggunakan aplikasi ini untuk membimbing anak belajar pemrograman.Hal ini didukung dengan adanya fitur artikel yang ditawarkan mengenai pembelajaran bahasa programming. Kini belajar pemrograman akan terasa lebih menyenangkan dengan hadirnya aplikasi Scratch.

6. Waterbear

Selain Scratch, banyak aplikasi komputer untuk anak SD lainnya yang dapat dijadikan referensi untuk belajar pemrograman. Anak-anak juga dapat menggunakan aplikasi Waterbear yang bisa diunduh di komputer dengan SO apapun. Metode pendekatan yang digunakan pada aplikasi ini adalah mempelajari bahasa visual programming dengan cara lebih menyenangkan.

Cara kerja pada aplikasi ini, anak hanya perlu melakukan drag dan drop kode atau perintah ke area kerja. Untuk lebih memudahkan anak, Waterbear dilengkapi dengan fitur deskripsi pada setiap elemen yang digunakan. Anak pun dapat melakukan kreasi sesuai yang diinginkan dengan berbagai elemen yang sudah tersedia.

7. Tynker

Jika biasanya anak-anak memainkan sebuah game, tidak dengan aplikasi Tynker. Aplikasi ini mendorong anak untuk bisa membuat game. Tentu saja dengan adanya panduan yang diberikan, anak diharapkan dapat berpikir kreatif sesuai daya imajinasinya. Aplikasi ini dapat digunakan secara online dengan perangkat komputer spesifikasi apapun.

Tynker sangat cocok digunakan untuk anak-anak yang tertarik untuk berpikir kreatif dengan mengandalkan logika. Sama seperti aplikasi sebelumnya, di Tynker cukup melakukan drag and drop dari script yang digunakan. Hasil pekerjaannya juga dapat diakses secara real time di area kerja yang sama saat menampilan kode.

Melalui aplikasi Tynker, pengguna dapat mengasah kreativitas dan pola pikir kreatif. Aplikasi belajar pemrograman ini dapat diakses secara gratis melalui layanan Appstore atau sejenisnya di komputer. Sebenarnya masih banyak aplikasi lain untuk mengasah kemampuan programming, Tynker bisa menjadi rekomendasi yang tepat dengan tampilannya yang lebih menarik.

8. Alice

Aplikasi komputer untuk anak SD yang terakhir adalah Alice. Sedikit berbeda dengan konsep pemrograman dari aplikasi sebelumnya, Alice menyajikan pemrograman 3 dimensi yang menarik bagi anak-anak. Selain belajar membuat game yang interaktif, anak juga bisa mencoba membuat animasi sederhana sesuai dengan kreativitasnya.

Aplikasi ini direkomendasikan karena fiturnya yang mudah digunakan dengan berbagai penyesuaian bahasa pemrograman. Di aplikasi Alice, pengguna dapat menyesuaikan terkait hal bahasa pemrograman yang digunakan sesuai standar yang ada.tersebut.

Sekian pembahasan mengenai rekomendasi aplikasi komputer untuk anak SD yang dapat dicoba. Kehadiran aplikasi-aplikasi yang sudah dijelaskan sebelumnya menjadi pilihan yang tepat untuk menjawab tantangan teknologi di era sekarang. Kini anak-anak dapat merasa gembira dengan berbagai kemudahan yang mengantarkan kepada peningkatan sarana pembelajaran.

Tinggalkan komentar