10 Aplikasi Komputer untuk Membuat Prototipe 3D

Membuat prototipe menjadi bagian penting dari desain sebuah produk. Biasanya pembuatan prototipe dilakukan untuk mendapatkan gambaran pasti dari produk tertentu. Kini, teknologi semakin memudahkan untuk membuat prototipe melalui komputer dengan perangkat lunak yang memadai.

10 Aplikasi Komputer untuk Membuat Prototipe 3D yang Banyak Digunakan

Karenanya, berikut adalah 10 rekomendasi aplikasi komputer untuk membuat prototipe 3D yang paling banyak dipakai.

1. Sweet Home 3D

Aplikasi Sweet Home 3D banyak digunakan oleh para desainer terutama interior rumah. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa mengatur denah rumah serta memvisualisasikan langsung denah rumah tersebut dalam bentuk 3D. Dengan begitu, desain rumah yang akan dibangun bisa dilihat visualisasinya dan mengubahnya jika ada yang dirasa kurang cocok.

Selain itu melalui aplikasi Sweet Home 3D, desainer rumah bisa sekaligus menambahkan interior rumah. Aplikasi ini menyediakan beberapa jenis perabot yang bisa dipilih dan ditaruh di masing-masing ruangan dalam rumah. Pengguna jadi bisa melihat tampilan rumah beserta perabot yang cocok atau tidak cocok dengan bentuk ruangannya.

2. Blender

Selanjutnya adalah aplikasi untuk membuat prototipe bernama Blender. Jika aplikasi komputer untuk membuat prototipe 3D yang sebelumnya berfokus pada rumah, Blender menyajikan fitur yang berbeda. Aplikasi Blender bisa digunakan untuk menciptakan desain 3D berbagai benda seperti mobil, motor, bahkan karakter fiksi yang ingin dibuat.

Kelebihan yang diandalkan oleh aplikasi Blender adalah penggunaannya yang amat mudah. Selain itu, hasil dari prototipe yang dibuat dengan aplikasi ini sangatlah bagus. Padahal biasanya aplikasi yang mudah belum tentu mengeluarkan hasil yang bagus. Namun aplikasi Blender mematahkan anggapan tersebut dengan memiliki keduanya.

3. FreeCAD

Di nomor tiga, ada aplikasi desain 3D bernama FreeCAD. Di dunia desain, aplikasi komputer ini sudah tidak diragukan lagi kiprahnya. Alasan utama pengguna memilih untuk menggunakan FreeCAD adalah karena aplikasi ini memiliki fitur lanjutan yang diincar oleh para desainer. Fitur spesial FreeCAD ini adalah simulasi gerak pada prototipe 3D.

Namun jangan salah sangka, meski aplikasi ini terhitung sebagai aplikasi tingkat lanjut, aplikasi ini tetap ramah pemula. Bahkan sebagian besar desainer pemula akan menggunakan FreeCAD sebagai aplikasi pertamanya. Hal ini membuat FreeCAD semakin menarik pengguna karena cukup satu aplikasi untuk tingkat dasar sekaligus tingkat lanjut.

4. XSI Mod Tool

Selanjutnya ada aplikasi prototipe 3D yang sudah terkenal dimana-mana, yaitu XSI Mod Tool. XSI Mod Tool merupakan anakan atau versi Mod dari aplikasi XSI 3D yang sangat terkenal. Seperti diketahui, aplikasi XSI 3D sudah digunakan untuk membuat prototipe 3D berbagai aplikasi maupun game kondang.

Versi Mod biasanya dimunculkan untuk membuat versi yang lebih sederhana dari suatu aplikasi. Begitu juga dengan aplikasi ini yang menjadi versi lebih sederhana dari XSI 3D. Para desainer pemula bisa menggunakan aplikasi ini untuk memulai desain pada game atau animasi sederhana.

5. Sketchup Make

Di nomor lima, ada aplikasi komputer untuk membuat prototipe 3D dengan nama Sketchup Make. Aplikasi ini memiliki fitur dasar aplikasi Sketchup dan desain prototipe 3D. Namun dengan hanya memiliki fitur dasar, bukan berarti aplikasi ini tidak bisa diandalkan. Justru aplikasi ini mengizinkan pengguna untuk membuat berbagai desain yang diinginkan.

Aplikasi ini tergolong aplikasi senior jika dibandingkan dengan aplikasi desain 3D lainnya. Maka mungkin jika dilihat dari segi visual, hasilnya masih sangat sederhana. Namun aplikasi ini sangat cocok untuk dijadikan aplikasi awal bagi para pemula. Karena aplikasi ini sudah lama ada, maka banyak sekali video petunjuk dan bantuan yang bisa ditemukan untuk mempelajari Sketchup Make.

6. Design Workshop Lite

Seperti aplikasi Sweet Home 3D, aplikasi Design Workshop Lite berfokus pada desain prototipe untuk interior bangunan. Bedanya disini pengguna tidak hanya menaruh dan mengatur, pengguna juga bisa menggambar dan mengubah desain perabot yang diinginkan. 

Selain itu ada hal yang membuat aplikasi ini dipilih oleh para desainer yaitu ukurannya yang cenderung kecil. Sesuai namanya yang ‘Lite’, aplikasi ini memang dihadirkan khusus dengan ukuran instalan yang ringan. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna tidak perlu khawatir komputer penuh dan memperlambat kinerja komputer.

7. Adobe Fuse CC

Adobe diketahui sebagai kreator aplikasi yang sudah sangat terkemuka. Berbagai aplikasi untuk berbagai fungsi dihasilkan oleh Adobe dan kualitasnya tidak mengecewakan. Termasuk Adobe Fuse CC, yang dikeluarkan oleh Adobe sebagai aplikasi komputer untuk membuat prototipe 3D yang tentu bisa diandalkan.

Dengan aplikasi ini, pengguna bisa membuat prototipe 3D apapun sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hasil prototipe 3D ini kemudian bisa dimasukkan dalam produk lain yang sudah dimiliki sebelumnya. Namun seperti aplikasi-aplikasi Adobe lainnya, Adobe Fuse CC memang diperuntukkan untuk desainer tingkat lanjut sehingga memiliki fungsi yang sedikit agak rumit.

8. Autodesk Maya

Autodesk Maya juga merupakan aplikasi untuk membuat prototipe 3D dari komputer yang digadang-gadang sebagai yang terbaik. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang diperuntukkan untuk desain profesional. Berbagai fitur yang disediakan oleh aplikasi Autodesk maya mampu mendukung pembuatan desain dengan detail yang kompleks.

Selain itu Autodesk Maya didukung dengan piranti grafik untuk membuat gerakan-gerakan. Gerakan akan menambahkan kesan realistis dalam detail prototipe 3D yang dibuat. Untuk bisa menggunakan semua fitur aplikasi ini, pengguna bisa berlangganan. Harga yang ditawarkan beragam, tergantung dengan paket yang dipilih.

9. Daz3D

Selanjutnya ada aplikasi Daz3D yang banyak digunakan untuk membuat karakter pada game dan video animasi. Dengan aplikasi ini pengguna bisa membuat desain yang begitu realistis. Aplikasi ini juga mengizinkan pengguna untuk menambahkan efek dan detail gerakan pada prototipe 3D yang dihasilkan sehingga prototipe akan terlihat semakin nyata.

Untuk menghasilkan sebuah masterpiece, pengguna Daz3D biasanya mengkolaborasikan aplikasi ini dengan beberapa aplikasi lain. Salah satunya adalah NVidia Iray. Dengan menggabungkan keduanya, akan dihasilkan karakter dalam video game ataupun animasi yang sangat realistis.

10. K3DSurf

Terakhir adalah aplikasi K3DSurf. Aplikasi ini cocok sekali untuk digunakan oleh desainer pemula. Dengan K3DSurf, pengguna bisa membuat berbagai desain dalam bentuk 3 Dimensi sesuai dengan yang diinginkan. Selain membuat prototipe 3D, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menciptakan desain hingga 5 dimensi.

Aplikasi ini tergolong aplikasi yang mudah dioperasikan. Tidak menjadi sesuatu yang mengherankan kalau aplikasi ini ditujukan untuk pengguna pemula. K3DSurf tidak hanya digunakan oleh para kreator atau desainer game, tapi juga untuk para mahasiswa di bidang matematika. Biasanya aplikasi ini akan digunakan untuk merepresentasikan suatu fungsi matematika. 

Dengan 10 aplikasi komputer untuk membuat prototipe 3D diatas, pembuatan prototipe produk menjadi semakin mudah. Hasil prototipe 3D yang dihasilkan pun memiliki kualitas yang amat baik. Kualitas prototipe 3D yang baik bisa menimbulkan visualisasi produk yang baik pula. Prototipe 3D akan bisa menggambarkan produk dengan gambaran yang terasa seperti nyata.

 

Tinggalkan komentar