Cara Memperbaiki Charger Hp Yang Lama Mengisi

Charger adalah perangkat penting yang selalu dibutuhkan oleh pengguna HP. Jika tiba-tiba tidak bisa mengisi, kamu bisa coba cara memberbaiki charger hp yang lama mengisi berikut ini.

Charger hp tentu tidak selamanya dalam kondisi normal. Dengan intensitas penggunaan yang tinggi, bisa saja sewaktu-waktu charger hp rusak atau lama mengisi.

Ada berbagai faktor yang membuat charger lambat mengisi. Berikut ini akan kami uraikan penyebab nya dan cara memperbaiki charger hp lama mengisi.

Penyebab Lamanya Pengisian Daya pada Charger

Setiap permasalahan yang menimpa perangkat HP, pastinya tidak terjadi begitu saja, namun ada indikasi penyebab di belakangnya.

Seiring berjalannya waktu, masalah ini akan sangat mengganggu pengguna dalam mencharger smartphonenya.

Terlebih belum mengetahui alasan kenapa chargernya tidak bisa mengisi daya .

Termasuk pada kasus lamanya pengisian yang biasanya diakibatkan oleh beberapa hal, seperti:

  • Charger tidak kompatibel. Indikasi pertama yang mungkin terjadi adalah charger yang tidak kompatibel dengan perangkat yang digunakan. Semisal memakai yang bukan ori bawaan pabrik atau dengan spesifikasi yang lebih rendah. Sehingga pengisian yang dilakukan pun tidak dapat berjalan secara optimal.
  • Adanya kerusakan pada IC charger. Permasalahan ini kerap terjadi biasanya diawali dengan pemakaian yang kurang bijak oleh pengguna. Semisal terlalu sering memakai charger untuk pengisian di banyak perangkat HP. Bahkan barangkali membiarkan charger tetap menancap di sumber listrik pasca pemakaian, padahal tanpa disadari hal tersebutlah yang justru meningkatkan potensi kerusakan.
  • Gangguan pada Port USB. Seperti yang diketahui port ini merupakan bagian penting yang menghubungkan antara kepala charger dan USB. Jelas ketika perangkat port mengalami gangguan maka akan mengakibatkan kinerja pengisian jadi terhambat dan lebih lama. Umumnya, disebabkan oleh adanya tumpukan debu pasca pemakaian yang menjadi penghalang.
  • Kerusakan pada kabel USB. Bisa dikatakan ini merupakan masalah pokok yang menyebabkan menurunnya kualitas pengisian daya pada suatu charger. Lazimnya, terjadi akibat pemakaian yang kurang bijak. Seperti menggulung kabel USB dengan tidak tepat, mengecas dengan posisi jauh dari sumber listrik sehingga kabel tertarik, sampai dengan pemakaian kabel kw yang tidak sesuai spesifikasinya.

Cara Memperbaiki Charger HP yang Lama Mengisi secara Akurat

Setelah memahami indikasi permasalahan yang menyebabkan lamanya pengisian di atas, maka sekarang saatnya untuk melakukan perbaikan.

Yaitu dengan cara menerapkan sejumlah alternatif yang disebutkan di bawah ini:

1. Pastikan Memakai Charger yang Kompatibel Dengan Perangkat

Alternatif pertama yang dapat dijalankan oleh setiap pengguna adalah memastikan untuk memakai jenis charger yang sesuai dengan kondisi perangkatnya.

Semisal dengan memperhatikan jumlah daya, dan juga fitur pengecasan yang tersedia. Sebagai contoh, untuk perangkat baru yang mendukung fast charging sebaiknya tidak memakai charger biasa.

Lantaran hal tersebut selain mengurangi efektifitas pengisian juga bisa jadi awal mula kerusakannya.

2. Lakukan Penggantian Adaptor Charger

Apabila indikasi kerusakan yang ditemukan oleh pengguna dicurigai berasal dari IC charger maka yang harus dilakukan adalah mengganti adaptornya.

Untuk melakukan hal ini, maka pastikan betul untuk menggunakan jenis adaptor yang ori alias bawaan pabrikan.

Tidak lain karena tindakan tersebut dapat menghindarkan pengguna pada resiko kerusakan lebih lanjut pada perangkatnya.

3. Jalankan Pembersihan dan Perbaikan Port Charger

Selanjutnya, apabila permasalahan yang ditemukan ditengarai berasal dari gangguan yang terdapat pada port USB, maka upaya yang dapat dilakukan adalah melakukan pembersihan.

Yakni bisa dengan melepas dahulu kabel USB dari port charger. Kemudian mengorek memakai cotton bud untuk meminimalkan kotoran dan sisa debu yang menempel di sana. Lalu mencoba memakai untuk pengisian guna mengetahui efektifitasnya.

Akan tetapi jika ternyata tidak berhasil, maka cobalah untuk melakukan langkah perbaikan.

Semisal dengan melepas USB yang menancap, lalu merenggangkan atau menyempitkan bagian dalam logam yang ada pada port usb dengan memakai obeng.

Kemudian memasang kembali untuk pengisian. Biasanya ini lumayan efektif untuk mengoptimasi kinerja pengisian.

Baca juga: Cara memperbaiki LCD hp yang rusak

4. Ganti USB Dengan Spesifikasi Yang Kompatibel

Terakhir, namun efisien untuk diterapkan ketika permasalahan ditengarai dari USBnya adalah melakukan penggantian kabel dengan yang kompatibel.

Lantaran, penting diingat, saat ini ada banyak pilihan kabel KW di pasaran yang murahan namun punya spesifikasi yang kurang menunjang untuk dipergunakan.

Sehingga sebaiknya dihindari, agar tidak menimbulkan kerusakan lanjutan.

Itulah tadi serangkaian informasi yang dapat diberikan terkait cara memperbaiki charger HP yang lama mengisi berdasarkan indikasi penyebabnya.

Jadi, tinggal jalankan saja upaya perbaikan yang sesuai untuk meningkatkan efisiensi pengisian.

Akan tetapi, jika telah mengupayakan namun tidak memberikan hasil yang sesuai harapan, maka barangkali kerusakan bukan pada charger, namun pada baterainya. Jadi sebaiknya lekas lakukan penggantian!

Tinggalkan komentar