Penyebab Hp Tiba-tiba Mati

Tidak perlu bingung jika handphone kamu tiba-tiba hang. Kamu bisa mengatasinya dengan mengetahui dulu penyebab hp tiba-tiba mati di bawah ini.

Setiap perangkat elektronik pasti memiliki masa pemakaian yang berbeda-beda. Meskipun perangkat elektronik memakai tenaga mesin, tapi sama-sama memiliki daya kekuatan yang terbatas.

Pastinya, pengguna pernah mengalami HP yang secara tiba-tiba mati begitu saja. Tapi, tahu tidak bahwa ada penyebab? Berikut penyebab hp mati tiba tiba. mari simak ulasannya:

Penyebab Hp Tiba-tiba Mati

1. File Sampah Menumpuk

Pada pemakaian HP ini terkadang pengguna tak menyadari adanya file sampah yang ikut serta dari pemakaian yang dilakukan oleh pengguna tersebut.

Biasanya file sampah ini sering dikenal dengan istilah cache.

Dalam jenis HP tertentu, terkadang terdapat notifikasi jika HP tersebut sedang memiliki file sampah yang menumpuk.

Ketika muncul notifikasi tersebut, maka pengguna bisa segera melakukan pembersihan dari file sampah yang menumpuk tersebut.

Tetapi, bagaimana jika pengguna tidak mengetahui keberadaan dari file sampah yang menumpuk ini?

Jangan khawatir, file sampah yang menumpuk ini akan memberikan tanda tersendiri bagi setiap HP.

Meskipun HP pengguna tidak memunculkan notifikasi menumpuknya file sampah, tetapi dapat dilihat dari ciri-ciri lambannya kinerja dari HP tersebut.

Penyebab hp tiba tiba mati ini juga dapat disebabkan oleh menumpuknya file sampah pada HP tersebut.

Oleh karenanya, sebaiknya pengguna sering melakukan pembersihan file sampah pada internal storage di memori HP masing-masing.

2. Baterai Habis

Ketika daya baterai yang dimiliki oleh HP ini habis, tentu HP akan mengalami kematian secara tiba-tiba.

Biasanya, pada jenis ponsel tertentu akan memberikan notifikasi jika ponsel tersebut mengalami daya baterai yang sudah cukup rendah sekitar 20%.

Namun, tak jarang pengguna masih tetap menggunakan HP tersebut, meskipun sudah mengetahui jika daya baterai HP tinggal 20% atau bahkan kurang.

Biasanya HP akan tetap menyala dalam kondisi baterai dengan daya 1% sebelum baterai benar-benar habis.

Ketika dalam kondisi 1% belum dilakukan pengisian daya dan terus menggunakan HP, maka secara tiba-tiba HP tersebut akan mati.

Saat kondisi ini sering terjadi dan dalam jangka waktu yang tak sebentar tentu akan membuat kesehatan dari baterai ini menurun yang berakibat pada melembungnya kondisi baterai.

Saat kondisi baterai sudah melembung, tentu pemakaian dari HP ini sudah tak nyaman lagi.

Selain itu, HP akan sering mengalami nge lag atau bahkan mati secara tiba-tiba saat sambungan baterai dan perangkat HP ini tak sempurna.

Oleh karenanya, sebaiknya segera lakukan isi ulang daya baterai saat kondisinya sudah melemah.

Dan juga, selalu hindari pemakaian HP saat sedang melakukan isi ulang daya.

3. Virus HP

Ketika pengguna pernah melakukan pemasangan aplikasi melalui situs tak resmi, maka berhati-hatilah pada virus HP yang mungkin akan menyertai dalam proses pemasangannya.

Virus penyerta ini akan berdampak sangat negatif ketika pengguna tak menyadari keberadaannya dan tak segera menghilangkannya.

Kebanyakan memang pengguna tak mengetahui keberadaan dari virus penyerta pada saat pemasangan aplikasi yang tak resmi ini.

Untuk mengetahuinya, pengguna bisa sering melakukan pengecekan pada internal memori dari ponsel tersebut.

Saat ada file di internal memori yang dianggap aneh dan pengguna tak merasa memiliki hubungan dengan aplikasi yang dipasang, maka segera hapus file tersebut.

Keberadaan dari virus HP ini terkadang tak menyebabkan melemahnya kinerja dari HP yang sedang digunakan ini.

Akan tetapi, saat keberadaan virus ini sudah dalam keadaan yang banyak dan merupakan jenis virus berbahaya, maka bisa menjadi penyebab HP tiba tiba mati ini.

Oleh karenanya, sebaiknya pengguna perlu menghindari memasang aplikasi apapun yang didapatkan dari situs yang tak resmi, seperti Play Store ataupun App Store.

4. Terjadi Overheat

Pemakai dalam waktu yang lama ini, tentu akan membuat mesin HP jadi lebih cepat panas daripada kondisi umumnya.

Kondisi ini biasanya dikenal sebagai overheat. Mesin HP yang mengalami overheat ini tentu akan berpengaruh pada kinerja dari HP itu sendiri saat digunakan oleh penggunanya.

Biasanya, saat overheat terjadi ini kondisi yang paling sering adalah dari lambannya HP merespon perintah dari pengguna.

Dalam kasus tertentu, HP akan mengalami kematian secara tiba-tiba dari kondisi overheat yang berlebih ini.

Untuk itu, sebaiknya pengguna memberikan waktu atau batas pemakaian ideal dari penggunaan HP ini.

Hal ini bertujuan untuk terjadinya overheat yang berlebih pada HP yang dimiliki tersebut.

Baca juga: Penyebab laptop tiba-tiba mati

5. System Update

Pada jenis HP tertentu, biasanya akan mengalami update sistem secara otomatis.

Tentunya, dalam proses update sistem ini akan membuat HP pengguna jadi tiba-tiba mati.

Akan tetapi, tak perlu khawatir karena proses ini hanya akan berlangsung selama 5-10 menit saja. Setelah itu, pengguna dapat menggunakannya secara normal kembali.

Itulah informasi mengenai penyebab HP tiba tiba mati beserta sedikit penjelasan mengenai cara mencegahnya.

Untuk membuat kesehatan dari mesin ataupun baterai HP tetap terjaga dan bertahan lama, gunakan secara bijak dan janganlah berlebihan.

Tinggalkan komentar